by

5 Tips Menentukan DP Mobil Baru agar Sesuai Budget

Menentukan DP mobil baru mungkin bukan hal yang mudah bagi sebagian orang. Pasalnya, besaran DP yang dipilih akan berpengaruh terhadap jumlah angsuran kredit di kemudian hari. Namun, jumlah DP ini juga bergantung pada jenis dan harga mobil yang dipilih.

Oleh karena itu, sebelum menentukan DP yang tepat, Anda juga perlu memilih jenis mobil yang sesuai dengan penghasilan. Jangan sampai terjadi besar pasak daripada tiang agar tidak mengalami kesulitan dalam membayar cicilan.

Tips Menentukan DP Mobil Baru

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam membeli mobil baru secara kredit agar sirkulasi keuangan lancar dan tidak ada hambatan. Adapun beberapa tips menentukan DP mobil yang pas dengan kondisi finansial yakni sebagai berikut:

1.   Sesuaikan Kebutuhan Kendaraan

Tips menentukan DP mobil yang pertama adalah dengan memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Ada kalanya orang membeli mobil hanya untuk mengikuti tren. Namun, jangan sampai motivasi Anda untuk membeli mobil juga demikian.

Pasalnya, membeli mobil kredit harus diimbangi dengan rasa tanggung jawab, sehingga Anda perlu hati-hati agar tidak lalai membayarnya.

Perlu diketahui bahwa pentingnya memiliki kendaraan dapat memotivasi seseorang untuk melakukan survey harga kendaraan yang diinginkannya. Semakin tinggi harganya, sudah pasti DP yang perlu dibayar juga semakin besar.

3.   Periksa Kembali Kondisi Keuangan

Sebelum memutuskan membeli mobil kredit, alangkah bijaknya jika Anda memeriksa kembali kondisi keuangan Anda. Apakah pemasukan yang didapat sudah cukup stabil? Apakah masih ada kredit lain yang belum dilunasi? Apakah biaya sekolah anak sudah aman?

Apapun jenis pengeluarannya, pastikan hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap pembayaran angsuran mobil yang akan diambil ini.

Mengeluarkan sejumlah DP pasti akan berpengaruh pada kondisi keuangan. Oleh karena itu, pastikan bahwa pengeluaran DP mobil tidak akan merugikan kelangsungan finansial Anda.  Tips ini perlu diterapkan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk akibat masalah keuangan.

4.   Lakukan Simulasi Kredit Mobil

Tips yang penting selanjutnya dalam menentukan DP kredit mobil adalah dengan melakukan simulasi kredit. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kehadiran DP menandakan bahwa akan ada cicilan yang harus dibayar di bulan-bulan berikutnya. Cicilan tersebut perlu dibayar sesuai dengan jatuh tempo yang telah ditentukan.

Besara jumlah cicilan perlu segera diperkirakan dan diselaraskan dengan kondisi keuangan. Adapun salah satu cara menentukannya adalah dengan  melakukan simulasi kredit. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui skema pembiayaan yang nantinya akan dihadapi.

5.   Pilihlah Platform Pembiayaan yang Tepat

Memilih platform pembiayaan tidak kalah penting dari tips-tips yang sudah disebutkan di atas. Pasalnya, platform pembiayaan tidak hanya bertugas untuk menjembatani pembelian kredit mobil Anda, melainkan juga menjadi wadah untuk berkonsultasi mengenai skema pembayaran.

Pada dasarnya, ada banyak platform pembiayaan yang bisa dipilih. Namun, belum tentu semua platform tersebut terpercaya dan berkualitas.

Saat ini, Anda bisa menggunakan platform SEVA sebagai media alternatif pembiayaan online. Sistrm pembiayaan online memang banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat modern karena dinilai lebih praktis dan ekonomis.

Salah satu keunggulan yang disajikan oleh platform ini adalah menyediakan fitur instant approval yang sangat bermanfaat bagi para penggunanya.

Dengan memanfaatkan fitur ini, maka Anda bisa lebih mudah mengkalkulasi pembayaran kredit dan menyesuaikannya dengan kemampuan finansial.

Setelah menyimak penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa membeli mobil baru bukan lagi menjadi hal yang mustahil. Dengan menerapkan tips-tips di atas, diharapkan Anda bisa lebih mudah mengajukan kredit tanpa harus terbebani dengan biaya angsuran dan DP.