by

Berikut Ini Tips Agar Cepat Hamil yang Bisa Anda Lakukan

Bagi pasangan yang sudah menikah, tentunya kehamilan merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan. Namun, kehamilan ini merupakan proses yang sangat kompleks serta banyak faktor yang dapat mempengaruhinya.

Ada sebagian wanita yang bisa cepat hamil setelah menikah, namun ada juga wanita yang susah hamil walaupun sudah sekian lama menikah.

Maka dari itu, dalam artikel kali ini akan memberikan beberapa tips agar cepat hamil yang bisa anda lakukan :

  1. Hentikan Penggunaan Alat Kontrasepsi

Apabila sebelumnya anda menggunakan alat kontrasepsi, maka sebaiknya segera hentikan penggunaan alat kontrasepsi tersebut jika memang anda sedang menjalani program hamil. Akan tetapi, ada beberapa alat kontrasepsi yang membutuhkan waktu beberapa saat agar kehamilan bisa terjadi.

Contohnya, anda hentikan suntikan Depo-Provera yang mengandung hormon progesteron sekitar 9 bulan sebelum merencanakan kehamilan.

  1. Periksa Kondisi Kesehatan Ke Dokter

Sebelum melakukan program hamil, maka sebaiknya anda lakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter. Karena penyakit seperti diabetes, berat badan, tekanan darah, dan lain-lain bisa mempengaruhi kemampuan anda untuk cepat hamil serta melahirkan bayi yang sehat. Jadi, jika anda memiliki masalah tentang kesehatan apa pun juga, maka sebaiknya segera konsultasi dengan dokter supaya bisa langsung ditangani.

  1. Ketahui Masa Subur

Untuk mengetahui masa subur, anda bisa menggunakan kalkulator masa subur berdasarkan periode haid. Dengan mengetahui masa subur ini, peluang anda untuk hamil akan semakin besar. Cara kalender masa subur ini bisa anda gunakan dengan mencatat siklus haid, lalu dikurangi 18 hari dari panjang siklus terpendek anda. Sehingga dengan demikian anda akan mendapatkan perhitungan hari pertama peluang di masa subur. Selanjutya, dari panjang silkus terpanjang anda dikurangi 11 hari. Maka anda akan mendapatkan hari terakhir dari masa subur. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya :

  • Siklus terpendek : 27 hari – 18 = 9. Angka ini merupakan hari pertama saat anda berada pada posisi yang paling subur.
  • Siklus terpanjang : 30 hari – 11 = 19. Angka ini merupakan hari terakhir saat anda paling subur. Sehingga dengan demikian, jika siklus anda rata-rata adalah 27-30 hari, maka anda akan paling subur pada hari ke-9 hingga ke-19.
  1. Gaya Makan Yang Benar

Dalam hal ini anda harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan pada waktu yang tepat. Makanan sehat ini artinya diet seimbang lengkap dengan protein, sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, ditambah dengan minuman permen dan lemak. Perlu anda ingat, jangan tunda waktu makan karena takut kegemukkan, akan tetapi tetap makan dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Konsumsi Asam Folat

Asam folat ini merupakan bentuk sintetis dari folat, vitamin B yang bisa membantu anda untuk mengurangi resiko cacat lahir serius yang bisa mempengaruhi sumsun tulang belakang dan otak. Bahkan cacat ini bisa terjadi pada janin sebelum ibu tahu dia sedang hamil. Untuk itu, FDA merekomendasikan suplemen asam folat ini untuk dikonsumsi oleh semua wanita usia subur.

  1. Berhenti Merokok, Minum, dan Obat-obatan

Zat seperti nikotin, obat-obatan, dan alkohol bisa mempengaruhi kesuburan pria, dan juga bisa menyebabkan kerusakkan kromosom, penurunan mibilitas (tingkat kemampuan berenang sperma), serta disfungsi ereksi, kata Leslie Schover dan Anthony Thomas dalam Mengatasi Interfilitas Pria (John Wiley 7 Sons, 2000).

News Feed