by

Dapatkan Sepatu Adidas Ultraboost 19 Sekarang Juga di Blibli.com

Adidas menjadi salah satu pemain utama dalam urusan bidang industri barang untuk kegiatan olahraga global. Kelompok ini adalah kelompok barang olahraga terkemuka di Jerman, Perancis dan Jepang, pasar yang paling penting di luar AS. Adidas, Reebok , dan lainnya, juga masih berada pada posisi yang sama kuat di pasar Amerika Serikat. Akuisisi dari Reebok telah membantu Adidas untuk mendapatkan penjualan 20% dari pasar AS untuk alas kaki buat atletik. Namun memimpin posisi pasar membantu Adidas gain keunggulan kompetitif di pasar dan merek pelanggan setia dan ekuitas merek yang tinggi Adidas memungkinkan untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Marketing mix merupakan suatu  strategi pemasaran yang banyak digunakan oleh perusahaan. Dengan menerapkan sistem marketing mix pada sebuah perusahaan yang bertujuan untuk mendapatkan profit perusahaan yang maksimum. Salah satu strategi dari pemasaran dalam sistem marketing mix adalah 4P, yaitu Product, Price, Place, Promotion.

Adidas adalah salah satu brand sepatu dan perlengkapan olahraga ternama di dunia yang berasal dari Jerman dan merupakan salah satu perusahaan pembuat perlengkapan olahraga yang paling tua di dunia. Perusahaan dengan logo tiga garis ini diciptakan oleh Adolf “Adi” Dassler. Adidas merupakan induk perusahaan dari Reebok, Rockpot dan Taylor Made. Namun sejauh ini Reebok masih menjadi anak perusahaan yang paling kuat diantara yang lain.

Berikut ini adalah analisis dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan Adidas dengan menggunakan teori marketing mix 4P + U :

  1. Product

Produk utama Adidas tetaplah sepatu olahraga. Disamping itu produk dari Adidas juga hadir dalam bentuk aksesoris dan perlengkapan olahraga lainnya seperti t-shirt, jaket, sweatshirts, dan lainnya. Sedangkan anak perusahaan Adidas juga memiliki produk utama mereka. Reebok berfokus pada sepatu olahraga mereka. Rockpot lebih spesialis pada outdoor footwear, produsen baju olahraga beserta aksesorisnya dan Taylor Made berfokus pada baju untuk pemain golf dan perlengkapannya. Perusahaan Adidas juga selalu memberikan inovasi terbaru pada setiap produk yang dibuatnya. Produk yang merupakan buatan dari Adidas sendiri memiliki kualitas yang tinggi dan berkelas, sehingga membuat para pelanggannya merasa bangga dapat membeli dan menggunakan produk buatan Adidas ini.

  1. Price

Harga yang ditawarkan oleh Adidas juga cukup merogoh kocek yang cukup dalam karena segmentasi untuk pasaran mereka adalah hanya untuk kalangan menengah keatas saja. Adidas membandrol harga yang cukup stabil. Jarang sepatu dengan logo tiga garis ini menurunkan harga mereka. Apalagi untuk produk yang baru diperkenalkan kepada pasar yang memiliki desain yang unik dan jumlah yang terbatas, Adidas menggunakan strategi skimming price, dimana Adidas mematok harga setinggi-tingginya. Perusahaan ini juga meyakini bahwa dengan harga yang tinggi, berarti kualitas yang diberikan pun juga mumpuni.

  1. Place

Penjualan produk dari Adidas tidaklah selalu anda temui pada disetiap toko. Adidas memiliki outlet eksklusif sendiri yang hanya khusus menjual produk dari Adidas dan Reebok saja. Selain di outlet milik Adidas sendiri, produk dari Adidas juga terdapat pada beberapa multi-brand outlet, seperti Sportstation. Penjualan secara online pun dilakukan oleh perusahaan yang berasal dari Jerman ini melalui website resmi milik Adidas sendiri. Hal tersebut sengaja dilakukan agar harga dan segmentasi dari produk buatannya tetap terjaga sebagai barang prestige dan branded.

  1. Promotion

Berbagai cara dilakukan oleh perusahaan Adidas dalam mempromosikan produk-produk buatannya ke seluruh dunia. Dimulai dari penggunaan sepatu olahraga oleh atlet sepakbola ternama seperti Lionel Messi, Ronaldinho, dan beberapa atlet ternama lainnya. Selain itu dengan menjadi sponsorship tim sepakbola terkenal, mengontrak atlet – atlet olahraga terkenal untuk menjadi brand ambassador. Oleh karena itu, perusahaan Adidas juga banyak menyebutnya sebagai “Sepatu para Pemain Bola”. Promosi menggunakan media massa juga tidak luput dari strategi pemasaran produk mereka. Menggelar potongan diskon pada momen-momen khusus pun menjadi daya tarik konsumen pula.

  1. Ultraboost 19

Sepatu Ultraboost 19 Original sekarang sudah bisa di pesan di Blibli.com.