by

Jengkel Dengan Masalah Cegukan? Atasi Dengan Tips-tips Ini

Hiccup (bahasa Inggris) atau yang biasa kita sebut dengan nama cegukan, kerap terjadi karena pita suara yang menutup secara tiba-tiba akibat kontraksi pada diafragma sehingga menghasilkan bunyi “hik”. Diafragma itu sendiri merupakan sebuah membrane otot pemisah rongga dada dan perut, yang memiliki peran penting pada system pernafasan. Masalah cegukan ini bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari kalangan anak hingga orang tua. Durasi cegukan tersebut cukup bervariasi, mulai dari yang hanya beberapa menit bahkan ada yang sampai berhari-hari.

Pada ilmu medis, masalah cegukan ini adalah sebuah kondisi yang terjadi ketika ketika diafragma berkontraksi karena kejang sehingga dapat menyebabkan pita suara menutup dan membuka sangat cepat. Masalah cegukan ini terbagi kedalam dua kategori, yaitu cegukan ringan dan cegukan berat. Cegukan ringan ini biasanya hanya akan berlangsung selama beberapa menit saja, dan setelah itu hilang seketika. Berbeda dengan cegukan tipe berat, yang bisa terjadi hingga berhari-hari lho. Usut punya usut, cegukan yang berkepanjangan ini merupakan indikasi bahwa ada beragam masalah yang terjadi di dalam tubuh kita lho! Masalah tersebut diantaranya adalah gangguan system metabolisme tubuh, penyakit kronis, infeksi otak, radang pernafasan, pengaruh obat-obatan tertentu, gangguan selaput jantung, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimanakah cara menghilangkan cegukan? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung paparan di bawah ini :

  1. Mengatur Pernafasan

Tips pertama yang bisa kamu coba untuk menghilangkan cegukan, yakni dengan mengatur pernafasan. Mengapa harus demikian? Pasalnya, hal ini bertujuan agar oksigen dan karbondioksida dapat masuk secara bergantian ke dalam tubuh dengan kadar yang tepat. Mengenai cara mengaturnya, tariklah nafas dalam-dalam, tahan semampumu, kemudian hembuskan kembali.

  1. Meminum Air Hangat

Perlu kalian ketahui, bahwa air hangat ini sangat membantu untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh, sehingga oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh akan terpenuhi. Siapkan segelas air hangat, kemudian minum, dan posisikan tubuhmu dengan membungkuk tahan semampunya. Jika sudah demikian, kembalikan lagi posisi tubuh dalam keadaan tegap yang masih dengan menahan nafas. Setelah itu, barulah masukkan dalam tubuh atau diminum dan bernafas lagi seperti biasa.

  1. Menjulurkan Lidah

Selain meminum air hangat, kamu juga bisa mencoba cara yang satu ini untuk menghilangkan cegukan. Menurut kabar yang beredar, tujuan dari menjulurkan lidah ini agar bisa merangsang nasofaring dan saraf vagus yang dapat mempengaruhi otot-otot mulut, tenggorokan, dan mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma.

  1. Menggunakan Gula

Bisa dipastikan bahwa semua masyarakat kita sudah menyetok gula di masing-masing rumahnya. Ya, dibalik rasanya yang manis, ternyata gula ini dapat merangsang otot diafragma sehingga bisa menghilangkan cegukan dengan cepat. Mengenai caranya, siapkan gula batu atau gula merah secukupnya, kulum selama 5 menit, kemudian muntahkan kembali (di telan juga boleh). Selain menggunakan gula batu, kamu juga bisa menggunakan gula pasir.

  1. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Tips alami berikutnya yang bisa kamu coba untuk menghilangkan cegukan, yakni dengan menggunakan minyak kayu putih. Caranya pun sangat mudah, dimana kamu hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih ini di sekitar leher dan perut.

Itulah beberapa tips-tips alami yang sudah terbukti efektif untuk menghilangkan cegukan. Apabila kamu menderita cegukan tipe berat, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

News Feed