by

Kelebihan dari Berbisnis Rumah Kontrakan Terbaru 2020

Punya tanah dengan luas mumpuni sebaiknya tidak disia-siakan begitu saja. Banyak orang memanfaatkan kesempatan ini dengan berbisnis rumah kontrakan. Bisnis ini tentu saja tak akan pernah mati, karena semua orang pasti butuh tempat tinggal. Kamu tidak perlu lagi membuat kontrakan yang mewah, dengan mempunyai kontrakan petakan tidak pernah sepi dari penyewa.

Kelebihan Berbisnis Rumah Kontrakan

Kelebihan berbisnis rumah kontrakan ialah rumah kontrakan mempunyai tingkat permintaan (demand) yang tinggi, terutama di kawasan-kawasan yang tengah berkembang (growth center), yakni kawasan yang berdekatan dengan akses tol, trade center, shopping mall, persimpangan jalan-jalan utama, terminal dan lain-lain.

Biasanya, capital gain rumah sewa berjangka panjang atau lebih dari lima tahun. Bahkan, secara rata-rata lebih tinggi dari tanah kosong. Pasalnya, rumah sewa mempunyai manfaat langsung, tidak seperti lahan kosong yang hanya mempunyai manfaat tak langsung.

Jika setelah 5 tahun investor memutuskan untuk tidak menjualnya, sebaiknya rumah tersebut disewakan. Biasanya harga sewa per tahun (return) berkisar 5 persen dari harga rumah. contohnya harga rumah 600 juta disewakan 30 juta per tahun. Setahun kemudian, bila keadaan ekonomi stabil, harga sewa dapat dinaikkan sekitar 10% – 15%, tergantung pada kondisi lingkungan rumah tersebut.

Kekurangan Berbisnis Rumah Kontrakan

Salah satu kekurangan investasi rumah sewa merupakan jangka waktu penyewaan yang terbilang pendek, yakni hanya 1 sampai 2 tahun, tergantung kondisi dan lokasi rumah serta siapa penyewanya. apabila penyewanya merupakan ekspatriat, biasanya rumah akan disewa dalam jangka waktu lebih panjang, antara dua hingga lima tahun.

Pemilik rumah juga harus benar-benar memilih penyewa yang baik. Biasanya sering terjadi rumah yang disewakan cepat rusak ketika disewakan kepada penyewa yang kurang bertanggung jawab.

Empat Strategi sebelum Sewakan Properti

Setelah mengetahui keuntungan dan kerugian dalam berbisnis rumah kontrakan, saatnya Kamu tahu panduan sebelum memulai bisnis yang menggiurkan ini.

Menetapkan Harga Sewa Properti

Dalam menetapkan harga sewa ini Kamu tidak boleh sembarangan, agar tidak merugi atau tidak laku karena kemahalan. Untuk menentukan harga sewa, Kamu harus melakukan survei terlebih dahulu terhadap harga pasaran properti di wilayah sekitar. Pertimbangkan juga kondisi dan letak lokasi properti Kamu.

Misalnya, Kamu mempunyai properti di kawasan Kuningan yang banyak dihuni ekspatriat, maka harga sewa dapat dipatok lebih tinggi. Berikan harga yang pantas untuk properti Kamu, tidak terlalu rendah atau terlalu mahal agar tidak kalah bersaing.

Tetapkan Jangka Waktu Sewa

Ada pilihan per bulan, per semester atau per tahun. Untuk menetapkan jangka waktu penyewaan, Kamu dapat menyesuaikan dengan tujuan finansial pribadi.

Apabila ingin cepat meraih untung, sebaiknya sewakan properti per bulan karena lebih fleksibel dalam menaikkan dan menurunkan harga sewa sesuai kondisi pasaran. Akan tetapi, ketika mencari keamanan finansial, sewakan untuk jangka waktu sewa yang lebih lama seperti setahun atau dua tahun.

Ketahui Penyewa Properti Kamu

Ada baiknya jika Kamu mengenal calon penyewa terlebih dahulu, setidaknya mengetahui kondisi finansialnya. Luangkan waktu untuk mengobrol sekadar mengetahui aktivitasnya, pekerjaan, tujuannya menyewa rumah. Tanyakan juga sosial medianya untuk memudahkan mengenal calon pembeli lebih jauh.

Buat Kontrak Perjanjian dan Uang Deposit

Jangan lupa membuat kontrak perjanjian tertulis untuk penyewa. Hal ini penting guna menjaga aset properti milik Kamu. Hal yang penting adalah tuliskan kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan penyewa dan biaya yang harus dikeluarkan jika terjadi kerusakan properti.

Berlakukan juga sistem deposit. Besar uang deposit harus dibayar di muka. Yang nantinya uang deposit ini akan dikembalikan lagi kepada penyewa di akhir masa sewa apabila tidak ada terdapat kerusakan atau kehilangan pada properti kontrakan.

Menyewakan Kamar Kontrakan di Rumah Sendiri

Di atas kita telah membahas prospek bisnis rumah kontrakan. Namun, tahukah Kamu bahwa kamar juga dapat jadi pundi-pundi pendapatan Kamu? Tidak ada salahnya Kamu mencoba “bisniskan” kamar-kamar kosong di rumah Kamu untuk menghasilkan pemasukan pasif bulanan. Apalagi jika mengingat lokasi rumah yang dekat dengan kampus, perkantoran, atau mall.

Hitung Berapa Tarif Sewa yang Pas

Umumnya mereka yang pertama kali menyewakan unit properti masih belum dapat menentukan tarif yang pas. Sebagian ada yang berpikir kalau tarif sewa harus mampu menutup biaya cicilan bulanan (untuk rumah yang masih dalam proses cicilan KPR).

Padahal sebenarnya setiap daerah punya tarif yang berbeda-beda, sesuai dengan spesifikasi kamar dan fasilitas kost yang disediakan. Misal dengan harga tinggi terdapat fasilitas gratis laundry serta koneksi internet (Wi-Fi).

Menyeleksi Calon Penyewa

Kamu dapat memilih penyewa yang tidak jorok, punya kemauan menjaga fasilitas bersama, dan menghormati sesama penghuni. Dengan demikian, Kamu dapat meminimalisir biaya perawatan dan masalah lainnya. Selain itu, pembayaran tagihan pun lancar.

Tentukan untuk Menggunakan Jasa Broker atau Tidak

Tidak mudah menemukan calon penyewa yang baik jika tidak dibantu oleh broker atau media iklan properti yang mumpuni. Apalagi jika rumah Kamu berlokasi cukup terpencil dari tepi jalan atau tertutup oleh beberapa indekost lain yang lebih bervariatif.

Itulah informasi tentang Kelebihan dari Berbisnis Rumah Kontrakan Terbaru 2020 dan kamu juga bisa lihat tentang rumah BSD terbaru 2020 disini https://www.rumah.com/rumah-dijual/di-area-bsd-idbt06012. Semoga bermanfaat buat semuanya yang akan melakukan bisnis kontrakan.

News Feed