by

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Kulit

Salah satu organ terpenting yang terdapat pada tubuh manusia adalah Kulit. Kulit merupakan, suatu organ pembungkus seluruh permukaan luar tubuh, serta organ terberat dan terbesar dari tubuh. Seluruh kulit beratnya sekitar 16 % berat tubuh, pada orang dewasa sekitar 2,7 – 3,6 kg dan luasnya sekitar 1,5 – 1,9 meter persegi. Tebalnya kulit bervariasi mulai 0,5 mm sampai 6 mm tergantung dari letak, umur dan jenis kelamin.[1]

Lapisan kulit terdiri dari: 1.Kulit Ari (Epidermis), Epidermis adalah lapisan luar kulit yang tipis dan avaskuler (tanpa pembuluh darah), 2. Dermis, Dermis adalah lapisan kedua pada kulit, yang berfungsi untuk mendukung epidermis, dan memiliki struktur yang lebih kompleks.. Dermis berperan penting dalam menjaga kelenturan kulit dan mempertahankan kondisi kulit tetap prima. 3. Hipodermis adalah Lapisan ketiga dalam struktur anatomi kulit manusia adalah hipodermis. Hipodermis berada di bawah lapisan dermis dan berfungsi melekatkan kulit  dengan otot atau tulang, menyuplai pembuluh darah, dan mempersarafi kulit. Hipodermis sendiri sebenarnya bukan lagi bagian dari lapisan kulit. Pada lapisan ini, terdapat jaringan lemak yang menjadi bantalan dan isolasi panas tubuh. [2]

Kulit yang menjadi organ terbesar yang menjadi pembungkus seluruh permukaan tubuh, seharusnya kita jaga kesehatannya, agar kulit kita tidak mengalami banyak kendala. Dan itu juga berguna untuk penampilan kita.

Bagaimana Menjaga Kesehatan Kulit ?

Ada beberapa cara untuk kita menjaga kesehatan kulit, dan cara-cara tersebut bisa dibilang cukup mudah untuk diaplikasikan sehari. Seperti:

  • Kurangi atau Bahkan Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dapat membuat kulit terlihat lebih tua dan mendorong terbentuknya kerutan karena gerakan-gerakan wajah berulang yang Anda lakukan. Di samping itu, merokok juga dapat mempersempit pembuluh darah kecil di lapisan kulit terluar sehingga mengurangi aliran darah dan membuat kulit terlihat lebih pucat. Tak berhenti sampai disitu, merokok juga dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker kulit sel skuamosa.

Minum alkohol secara berlebihan juga dapat memperbesar pori-pori kulit dan meningkatkan risiko Anda terkena kanker kulit. Bahkan kebiasaan ini juga dapat menyebabkan penyakit hati yang mengubah warna kulit menjadi kuning.

  • Bersihkan kulit dengan benar

Mandi diperlukan untuk membersihkan kulit dari kotoran-kotoran yang menempel. Akan tetapi, jangan mandi dengan air yang terlalu panas atau berlama-lama mandi karena dapat menghilangkan minyak alami kulit sehingga membuat kulit menjadi sangat kering. Pakai Lotion apabila kulit ada sering mengalami kekeringan.

  • Mengendalikan stres

Stres yang tidak terkendali bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif, memicu timbulnya jerawat maupun masalah kulit yang lain

  • Tidur yang Cukup dan Makan Buah Serta Sayur

Tidur dengan cukup dapat menghilangkan lingkaran-lingkaran hitam di sekitar mata, dan meningkatkan warna kulit sehingga tampak lebih cerah. Sebaliknya, kurang tidur memiliki dampak yang signifikan pada fungsi kulit dan penuaan.

Makan Buah dan Sayur yang kaya akan serat serta Vitamin, dapat membantu kesehatan kulit, yang dapat membuat kulit lebih cerah

  • Minum Air Putih Secukupnya

Kurangnya cairan tubuh  dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi. Ketika mengalami dehidrasi, kulit Anda akan terasa kering, kasar, bahkan bersisik ketika digaruk. Mengonsumsi air putih dengan cukup pun menjadi langkah yang tepat dalam menjaga kesehatan kulit agar tetap terhidrasi. Pada umumnya, para ahli menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari sehingga Anda terhindar dari dehidrasi. [3]

Apa Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Kulit?

Tahukah Anda bahwa 64% kulit kita terdiri dari air? Kulit memerlukan air untuk menjaga kelembabannya. [4] Dan juga ada beberapa manfaat yang didapatkan apabila kita rutin minum air putih sebagai salah satu peran kita untuk menjaga kesehatan kulit. 1. Air penting untuk menjaga kelembaban kulit secara optimal dan memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit. Air melengkapi kebutuhan jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Hal tersebut membantu penundaan munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus. 2. Air adalah pengganti yang tepat untuk segala perawatan anti aging. Air dapat menjaga kulit terhidrasi dan berkilau sehingga dapat meningkatkan warna kulit. Untuk kulit yang halus dan elastis, minum air dengan jumlah yang memadai lebih penting daripada memakai krim topikal. 3. Minum cukup air dapat memerangi gangguan kulit seperti psoriasis, keriput, dan eksim. Air juga dapat meningkatkan tingkat metabolisme dan memperlancar sistem pencernaan membuang racun yang ada di dalam tubuh. Hal ini akan membuat Anda memiliki kulit yang sehat dan bersinar. [4]

Tingkat dehidrasi di tubuh kita juga dapat terlihat dari turgor kulit (kelenturan kulit). Ketika orang yang mengalami dehidrasi menarik kulitnya dan melepaskannya kembali, kulitnya akan lebih lama kembali ke keadaan yang semula dibandingkan dengan orang yang memiliki cukup cairan dalam tubuhnya.

Ternyata air putih tak hanya sekedar dapat mengatasi rasa haus dan menyehatkan tubuh, tetapi air putih juga sangat baik untuk kecantikan kulit.

AQUA hadir untuk membantu kita untuk menjaga kesehatan kulit. AQUA membantu kita untuk mengisi asupan cairan yang menjadi salah satu aspek terpenting. AQUA juga terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silika, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

 Pastikan Anda memilih AQUA yang lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya dan melalui 400 cek kualitas, sehingga kemurniannya tetap terjaga hingga sampai di tangan Anda, [5] Selain terpecaya, AQUA juga sangat mudah didapatkan disekitar kita.

  1. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-kulit/
  2. https://www.alodokter.com/mengenali-lapisan-anatomi-kulit-dan-nutrisi-penunjangnya
  3. https://www.sehatq.com/artikel/cara-menjaga-kesehatan-kulit-agar-senantiasa-sehat
  4. https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/manfaat-air-untuk-kecantikan-kulit/
  5. https://www.sehataqua.co.id/3-manfaat-air-putih-untuk-kecantikan-kulit

News Feed