by

Obat Herbal Endometriosis: Penyebab dan Penyembuhan Endometriosis

Endometriosis merupakan keadaan yang menyebabkan sel endometrium berpindah menuju rahim ke anggota tubuh lain. Sel endometrium merupakan sel yang dapat membentuk pelapis uterus dimana sel tersebut tidak berada di tempatnya dan menyebabkan masalah reproduksi pada wanita. Endometriosis mempengaruhi 5% populasi wanita yang ada di Amerika sehingga penyebab infertilitas untuk wanita sehingga dibutuhkan obat herbal endometriosis.

Gejala yang ditimbulkan adalah rasa sakit ketika menstruasi, rasa sakit yang sangat mengganggu, sakit ketika berhubungan, merasakan sakit ketika buang air dan terdapat darah pada urin. Faktor terjadinya penyakit ini tidak pernah melahirkan, bentuk rahim yang abnormal, pernah infeksi pelvis, kelainan rahim, keluar darah menstruasi karena kondisi medis dan memiliki anggota keluarga yang pernah mengalami riwayat penyakit ini sebelumnya.

Berikut adalah penyebab endometriosis diantaranya:

  • Menstruasi restrograde atau dua arah dimana disebabkan oleh sel endometrium dan jaringan yang keluar melalui vagina ikut mengalir menuju leher rahim serta tuba falopi. Sel ini menempel pada permukaan organ pelvis, tumbuh, berdarah dan menebal sepanjang terjadinya menstruasi dan merupakan jenis yang paling banyak terjadi.
  • Perubahan sel embrio dimana sel embrio menjadi penghasil sel pelapis perut dan rongga panggul, jika satu maupun beberapa area di lapisan perut berubah menjadi endometrium akan menjadi penyebab endometriosis yang dipengaruhi oleh adanya hormon estrogen yang tidak stabil.
  • Gangguan sistem imum menjadi masalah tubuh tidak dapat mengenali dan menghancurkan jaringan endometrium yang berada di luar rahim.
  • Bekas luka bedah setelah menjalani histerektomi maupun operasi caesar dimana implantasi bekas operasi membentuk sel menempel yang membuatnya menjadi endometriosis.
  • Pengedaran sel endometrium yang dibawa oleh pembuluh darah maupun cairan jaringan ke bagian tubuh lainnya.

Untuk mencegah endometriosis dengan menggunakan kontrasepsi hormonal diantaranya pil KB, susu maupun suntik dengan kandungan estrogen berdosis rendah dan perlu dikonsultasikan dengan dokter. Berolahraga dengan teratur selama 4 jam untuk seminggu sehingga akan mengurangi lemak pada tubuh dan membawa jaringan lemak penghasil estrogen. Bagi penderita juga perlu menghindari alkohol peningkatan kadar estrogen jika lebih dari satu gelas selama satu hari, sama halnya dengan minuman kafein.

Berikut adalah obat alami penyembuh endometriosis diantaranya:

  • Jahe menjadi obat anti radang, dengan mengambil potongan jahe atau di parut kemudian dimasak hingga mendidih dan ditambahkan sendok teh madu dan diminum 2 hingga 3 kali sehari.
  • Castor oil dengan mencelupkan bersih dalam minyak jarak, dengan membuat kain panas di kompres pada perut bagian bawah dalam waktu 30 menit sehingga akan menurunkan gejala.
  • Flaxseed yang memiliki antioksidan dan asam lemak omega 3 dimana bermanfaat untuk membantu menghilangkan racun yang tidak baik untuk tubuh.
  • Kunyit dengan manfaat anti peradangan dengan menggunakan satu sendok teh kunyit menuju air mendidih menambah bubuk jahe, dengan teh madu dan serta lemon yang diperas yang diminum untuk sekali sehari.

Obat herbal endometriosis dengan chamomile yang dapat mengurangi peradangan dan dikonsumsi dengan bubuk bersama dengan teh diminum 2 hingga 3 kali sehari. Biji adas dengan bahan yang menggunakan kain bersih, di gosok lalu dicium aromanya atau direbus menggunakan satu sendok dan dikonsumsi seperti teh. Brokoli dengan sayuran yang memiliki indoles untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan estrogen sehingga akan mengendalikan endometriosis. Begitu juga dengan minyak ikan akan membantu pencegahan pertumbuhan sel endometrium untuk hasil yang optimal maka konsumsi untuk pagi dan sore hari.

News Feed