by

Pemberian Makanan Pendamping ASI Usia 6 Bulan

Pedoman Pemberian Makanan Pelengkap yang Sesuai untuk Anak-anak yang Disusui 6-24 Bulan. Fakta untuk Memberi Makan adalah serangkaian publikasi dari Proyek LINKAGES tentang praktik pemberian makan dan diet yang direkomendasikan untuk meningkatkan status gizi di berbagai titik dalam siklus kehidupan. Masalah ini berfokus pada anak-anak usia 6-24 bulan.

Pembuat kebijakan, penyedia layanan kesehatan, dan komunikator dapat menggunakan pedoman ini untuk mengembangkan pesan dan kegiatan yang sesuai dengan kondisi setempat. Penilaian lokal harus dilakukan untuk menentukan penekanan untuk diberikan kepada masing-masing praktik pemberian mpasi 6 bulan yang direkomendasikan, untuk mengidentifikasi audiens yang paling menerima perubahan, dan untuk merancang pesan dan kegiatan berdasarkan profil audiens.

Pengalaman menunjukkan bahwa berfokus pada serangkaian perilaku yang sangat spesifik adalah kunci untuk meningkatkan gizi. Pedoman Pemberian Makanan Pelengkap yang Sesuai untuk Anak-anak yang Disusui pada Usia 6-24 Bulan. Pemberian makanan pendamping yang tepat meningkatkan pertumbuhan dan mencegah stunting pada anak-anak 6-24 bulan. Masa pemberian makanan pendamping ASI adalah saat makanan atau cairan lain diberikan bersamaan dengan ASI.

Tingkat kekurangan gizi biasanya memuncak pada saat ini dengan konsekuensi yang bertahan sepanjang hidup. Pengerdilan jarang terbalik pada masa kanak-kanak dan masa remaja nanti. Pemberian makan anak-anak perempuan yang tidak memadai juga memengaruhi penyimpanan nutrisi, kesehatan reproduksi selanjutnya, dan kondisi setempat. risiko kematian ibu.

Pemberian makanan pendamping ASI yang tepat melibatkan kombinasi praktik untuk mempertahankan asupan ASI dan, pada saat yang sama, meningkatkan kuantitas dan kualitas makanan yang dikonsumsi anak-anak. Periode 6 – 11 bulan adalah waktu yang sangat rentan karena bayi baru belajar makan dan harus diberi makan makanan ringan sering dan dengan sabar. Perawatan harus diambil untuk memastikan bahwa makanan ini melengkapi daripada mengganti ASI.

Bagaimana makanan pelengkap ASI usia 6 bulan?

Untuk bayi yang lebih tua dan balita, ASI terus menjadi sumber energi, protein, dan zat gizi mikro yang penting. Oleh karena itu, menyusui harus berlanjut hingga 24 bulan dan lebih. Meningkatkan pemberian makanan pendamping ASI memerlukan kombinasi strategi. Asupan energi dapat ditingkatkan dengan meningkatkan frekuensi menyusui, meningkatkan ukuran porsi makanan.

Memberi makan anak-anak lebih sering, dan / atau menyediakan lebih banyak makanan padat energi. Asupan mikronutrien dapat ditingkatkan dengan melakukan diversifikasi diet untuk memasukkan buah, sayuran, dan produk hewani; menggunakan makanan yang diperkaya; dan / atau memberikan suplemen. Memilih kombinasi makanan yang meningkatkan penyerapan mikronutrien juga penting.

Program untuk meningkatkan pemberian makanan pendamping ASI harus melakukan penilaian lokal. Penilaian ini akan menentukan penekanan yang sesuai untuk memberikan masing-masing praktik yang tercantum pada halaman berikut. Studi lokal harus mengidentifikasi diet lokal dan praktik baik saat ini untuk didukung, menguji opsi untuk meningkatkan diet tradisional dan praktik pemberian makan terkait.

Dan mengidentifikasi target audiens dan strategi yang efektif untuk mencapainya. Lanjutkan pemberian ASI sesuai permintaan, termasuk pemberian makan malam untuk bayi. Kenalkan makanan pendamping mulai dari usia enam bulan. Tingkatkan jumlah makanan seiring bertambahnya usia anak sambil tetap menyusui. Berikan bayi berusia 6-8 bulan sekitar 200 kkal per hari dari makanan pendamping.

Diperlukan penelitian lokal untuk menentukan kombinasi makanan dan praktik terbaik untuk mencapai tingkat asupan energi ini. Tingkatkan frekuensi menyusui seiring bertambahnya usia anak. Memberi makan bayi 6-8 bulan makanan pendamping 2–3 kali sehari. Tingkatkan konsistensi dan variasi makanan secara bertahap seiring bertambahnya usia anak, menyesuaikan pola makan dengan kebutuhan dan kemampuan bayi. Demikian pemberian makanan pendamping ASI.